OKI NOVENDRA: MENGUNGKAP KEMATIAN MICHAEL JACKSON DENGAN MATEMATIKA

Menjadi pelajar berprestasi tentu menjadi hal yang diidam-idamkan para pelajar (termasuk saya.. hehe..). Begitulah dengan pelajar yang satu ini. Karena prestasinya itu, namanya kini menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Sampai-sampai masuk tivi pula. Nah, tahu dong siapa orangnya?
Namanya Oki Novendra, siswa kelas I SMA Negeri 1 Bogor. Sekilas memang seperti pelajar biasa. Namun prestasinya yang luar biasa. Oki Novendra berhasil menyabet emas di Internasional Conference Young Scientists ke-17, ajang kompetisi ilmuwan muda tingkat dunia. Emasnya juga menjadikan Indonesia menjadi juara umum pada kompetisi tersebut (wah, selamat ya..). Dan yang lebih heboh, dia memenangkan emas di kompetisi tersebut karena berhasil menemukan rumus yang digunakan untuk memecahkan kasus kematian Michael Jackson. Nah, mau tahu dong gimana dia berpikir tentang rumusnya itu, ini dah saya kasi cuplikannya:

Dia menjelaskan, parameter differensial itu ditentukan oleh dosis dan waktu. Penggunaan dosis obat harus konstan digunakan dengan jadwal yang teratur, tidak bisa berubah melebihi standar yang telah ditetapkan.

“Malah dosis penggunaan obat itu harus menurun. Logikanya, obat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, begitu juga dengan dosisnya,” ujar Oki ketika dihubungi Radar Bogor, tadi malam. Oki menganalisa, Jacko memakai obat dengan dosis yang tinggi (overdosis), terutama saat tampil di panggung. Cara tersebut dilakukan salah satu anggota Jackson Five itu agar bisa prima di hadapan penggemarnya.

“Jadi, dengan adanya hubungan antara dosis dan waktu terhadap penggunaan obat, bisa diminimalisir ketergantungan terhadap obat itu,” terang Oki, pria kelahiran 6 Oktober 1993. Hasil penelitiannya itu, Oki memperoleh penjelasan side effect (efek samping, red) obat Demerol yang dikonsumsi Jacko.

“Bahkan, saya mendapat rumus aman untuk menghitung dosis obat yang wajar dikonsumsi dalam darah,” jelas siswa peraih medali perak Olimpiade Matematika di Singapura pada 2009 itu.

Wah, hebat ya.. Apakah anda ingin menjadi seperti Abang Oki ini? Oke deh, sekian dulu dari saya. Semoga ini bisa memberikan inspirasi bagi kita semua.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah hebat sekali dia((: semoga generasi indonesia skrng spt dia semua,aamiin ,terima kasih gan untuk infonya

Posting Komentar

Kalau habis membaca, ngga seru rasanya kalau tidak dikomentari..
Maka dari itu, bagi yang mau berkomentar, silakan post komentar anda di sini..
Dan terima kasih telah berkunjung..